kain blacu merupakan kain yang paling sering digunakan untuk memproduksi souvenir. Souvenir yang paling banyak menggunakan kain blacu adalah tas tangan atau tote bag dan dikombinasikan dengan sablon di bagian sisi depannya. Selain digunakan untuk memproduksi tas, kain blacu juga sering dimanfaatkan sebagai kreasi pada gamis, gaun ataupun dimanfaatkan sebagai kain hiasan.

Dulunya kain blacu hanya dikenal sebagai pembungkus gula hingga tepung terigu. Meski awal penggunaan kain blacu tidak terlihat terlalu menarik, namun makin ke sini kain ini semakin populer untuk memproduksi tas. Kain blacu sendiri dibuat dari bahan kapas alami yang dipintal menjadi kain berwarna putih tulang. Yuk lebih jelas simak ulasan dibawah ini.



Mengenal Bahan Kain Blacu

Secara tidak sadar, Anda mungkin sebenarnya sudah sering menggunakan kain blacu sebagai bahan pakaian maupun produk souvenir.
Kain ini dulunya memang hanya digunakan sebagai pembungkus tepung dan gula karena memang memiliki tekstur yang cenderung kasar. Namun, kain blacu sendiri sebenarnya merupakan bentuk kain dasar dari kain mori.
Kain mori merupakan kain yang dibuat dari bahan kapas yang kemudian ditenun. Umumnya Anda menemukan kain mori dipasarkan dalam sediaan warna putih. Warna putih pada kain mori berasal dari proses bleaching atau pemutihan yang dilakukan pada kain blacu.
Anda dapat menemukan dua jenis kain mori di pasaran yaitu kain mori dengan proses pemutihan dan kain mori alami tanpa pemutih.

Karakteristik Bahan Blacu

Kain blacu termasuk ke dalam salah satu jenis kain yang memiliki kualitas rendah dan harga yang murah.
Dipasaran kain blacu yang dijual dalam bentuk roll dengan warna putih tulang ataupun sedikit krem, dengan warna yang cenderung natural dari kain blacu ini membuatnya lebih mudah untuk dikreasikan.
bahan kain blacu
Kain blacu ini diproduksi dari bahan kapas yang kemudian dilakukan proses pemintalan atau spinning. Pemintalan merupakan proses pertama untuk mengubah kapas menjadi benang.
Benang yang terbentuk kemudian digulung agar berubah menjadi pintalan benang. Benang yang sudah terpintal ini kemudian ditenun agar benang berubah menjadi lembaran kain.
Karena bahan dasar yang terbuat dari kapas, kain blacu pun memiliki karakteristik yang lebih ringan.
Selain itu, kain blacu ini lebih mudah untuk dibentuk baik dengan tekukan ataupun dijahit menjadi bentuk yang beragam, kain blacu ini dapat di tambahkan varian sablon di bagian depannya.

Kegunaan Bahan Blacu

Seiring perkembangan zaman kain blacu semakin popular untuk bahan pembuatan kerajinan tangan dan kain ini di anggap rajanya kain kerajinan. Banyak kerajinan yang populer karena penggunaan kain blacu sebagai bahan utamanya seperti Tote Bag, Goodie Bag, Tas Lipat dan di tambahkan varian sablon di bagian sisi depan. penggunaan kain blacu untuk pembuatan tote bag sangat ngetrend dan permintaan di pasaran sangat berlimpah salah satunya untuk kepentingan souvenir baik untuk event ataupun acara pernikahan  yang membutuhkan souvenir tas unik dan memiliki kesan kelasik.

Comments (1)

  1. BrianCET

    Reply

    Great looking internet site. Assume you did a great deal of your own html coding.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *