Sebelum ingin membeli tas berbahan kulit, kita harus mengetahui jenis-jenis bahan berdasar kulit yang biasa digunakan untuk membuat tas. Jenis kulit yang digunakan masing-masing terlihat perbedaan keindahan desain dan kualitas dari sebuah tas, serta mempengaruhi harga tas yang dibuat juga. Kali ini Gerhatas akan membahas rekomendasi bahan kulit yang biasa digunakan pada tas.

  1. Suede
    Jenis bahan kulit ini mempunyai tekstur permukaan yang halus seperti kain beledu. Suede untuk tas biasanya dibuat dari kulit sapi. Untuk mendapatkan kulit halus seperti ini, suede diambil dari bagian dalam lapisan kulit dan diproses sampai mendapatkan tingkat kelembutan tertentu.
    Source Etsy
    Suede biasanya diberi lapisan lagi pada bagian dalamnya agar tahan lama, karena dibuat dari potongan kulit tipis dan harus mendapatkan perawatan ekstra lagi agar tas kulit berbahan suede tahan lama dan awet.
  2. Brush Off Leather
    Brush Off merupakan bahan kulit dengan proses paling rumit, dan harganya pun lebih tinggi daripada jenis kulit lainnya. Mulai dari penyamakan sampai pemberian minyak pada bahan, karena memakan waktu yang lama.
    Source Urban Icon
    Kulit ini diproses dengan dilapisi bahan protektif seperti acrylic, yang menjadikan bahan ini mengkilap, terang, licin, tetapi lentur juga. Tekstur permukaannya halus dan tidak terlihat serat-serat kulit. Biasanya bahan kulit ini digunakan untuk pembuatan sepatu, tetapi tidak jarang juga tas yang menggunakan bahan kulit ini.
  3. Grain Leather
    Kulit ini merupakan jenis paling umum untuk digunakan sebagai produk fashion.
    Source Urban Icon
    Kulit grain biasa diolah secara utuh tanpa ada perubahan pada struktur kulit. Tekstur pada permukaan kulit masih sangat terlihat, dan memiliki tingkat ketahanan yang sangat bagus dan perawatannya lebih mudah dibandingkan dengan jenih bahan kulit lainnya.
  4. Nubuck Leather
    Kulit ini sepintas mirip dengan suede, tetapi banyak perbedaannya. Mulai dari bagian kulit yg dipakai, dan hasil akhirnya.
    Source Loxwood
    Kulit nubuck dibuat dari kulit lapisan luar, dengan proses penyamakan dan diamplas kemudian disikat untuk menghasilkan serabut halus pada permukaan kulit. Setelah itu, diberi warna sesuai kebutuhan. Kulit nubuck lebih tebal suede karena berasal dari bagian luar, dan proses perawatannya lebih mudah dan tidak merusak permukaan kulit.
  5. Patch Leather
    Patch leather merupakan gabungan potongan kulit dari berbagai jenis, maupun jenis yang sama dan dijadikan sebuah tas yang berdesain indah dan berbeda dari yang lain.
    Source Etsy
    Potongan-potongan kulit tersebut dibentuk sedemikian rupa hingga membentuk pola maupun perpaduan warna. Kadang semua menggunakan kulit grain, tetapi terkadang dipadukan dengan nubuck maupun suede. Jika membeli tas ini gabungan bahannya harus sangan diperhatikan, karena perawatannya butuh perhatian khusus dan disesuaikan dengan jenis kulit yang ada.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *