Secara garis besar, bahan pembuat tas promosi dibedakan menjadi 5 jenis, , yaitu :
1.Bahan Spundbond ( Furing )
Bahan ini merupakan bahan yang paling banyak dipakai untuk pembuatan tas promosi, dikarenakan karena harganya murah dan banyak sekali pilihan warna yang menarik.

2.Bahan Parasit
Bahan parasit mempunyai 2 kegunaan, yaitu untuk tas bagian luar dan juga untuk tas bagian dalam ( untuk melapisi bagian dalam, agar jahitan tidak terlihat ) Beberapa jenis bahan parasit, yaitu :
a. Parasit Oxford
Jenis parasit ini sering dipakai untuk dalaman suatu tas, harganya cukup murah serta tahan air. Bisa juga digunakan untuk bagian luar, hanya tidak banyak tas yang menggunakan parasit oxford untuk bagian luar.
b. Parasit Taslan balon
Jenis parasit ini biasa digunakan untuk bagian luar, dikarenakan bahan jenis ini agak tebal, kuat dan tahan air dan harganya cukup mahal.
Beberapa jenis tas yang dibuat dari bahan parasit adalah :
a.Tas serut
b.Tas pancing
c.Tas lipat

3.Bahan Polyster
Bahan polyster merupakan jenis bahan tas yang paling banyak jenisnya serta paling banyak digunakan, agak kaku dan tebal, beberapa jenis bahan polyster yang biasa dipakai, yaitu :

a.Bahan D420
Jenis ini bahan polyster yang paling murah, tekstur nya mengkilap, sehingga memunculkan kesan mewah, jenis sablon yang digunakan memakai jenis sablon berbasis minyak.
beberapa jenis tas yang biasa diproduksi dari bahan D420 adalah : pencil case, tas cangklong, dll

b.Bahan D600
Bahan ini merupakan kakak dari bahan d420 dikarenakan harganya sedikit lebih mahal. Bahan ini biasa disablon menggunakan cat bentuk pasta. Beberapa jenis tas yang biasa menggunakan jenis bahan ini : pencil case, tas cangklong, pouch, dll

c.Bahan Baby ripstok
Bahan polyster jenis ini mempunyai serat kotak-kotak, sehingga di toko bahan disebut juga bahan kotak. Tekstur agak kasar.

d.Bahan D300
Bahan polyster jenis ini mempunyai serat yang halus dan rapat, sehingga kelihatan lebih premium dibandingkan bahan baby ripstok, walaupun dari segi harga sama.

e.Bahan D1680
Bahan polyster jenis ini disebut juga bahan POLO, dikarenakan merk terkenal tas menggunakan bahan jenis ini. Tekstur nya agak kasar hanya mengkilap jadi menimbulkan kesan mahal. Bahan ini cukup kuat dan a lot, sehingga banyak digunakan untuk tas ransel ( backpack ).

f.Bahan Cordura
Bahan polyster jenis ini tekstur nya lembut, warnanya tidak mengkilap ( doff ), dan lebih tipis dari bahan D1680, tetapi walaupun tipis untuk kekuatan bisa lebih kuat dari bahan D1680. Merk tas terkenal banyak yang memakai tas jenis ini seperti : Bodypack, Eiger, dll

4.Bahan Kain

a.Blacu : merupakan bahan kain yang terbuat dari kapas yang ditenun. Kebanyakan dibuat untuk lapisan dalam tas, meski sebagian ada yang menggunakannya untuk bahan dasar tas secara menyeluruh karena sifatnya yang fleksibel dan mudah dibentuk. Tas pesta dengan beberapa modifikasi, kebanyakan menggunakan bahan blacu ini.

b.Canvas :
Bahan kanvas sintetis adalah kain kanvas yang dilapisi lem/cat/acrylic atau terbuat dari bahan sintetis, kebanyakan dari bahan polyester dicampur dengan bahan kain blacu/katun, sehingga hasil akhirnya dari kain kanvas sintetis ini tidak terlihat seperti sebuah kain, tapi seperti sebuah kulit sintetis tipis namun kokoh berbeda dengan bahan kulit sintetis murni yang memerlukan ketebalan khusus supaya lebih kuat.
Baik, jadi apa kelebihan bahan kanvas? Kelebihannya yang penulis kenal adalah, sangat lentur atau elastis, tetapi kuat, dan bagi Anda yang menyukai tas-tas yang tidak terlalu berat, tas bahan kanvas adalah salah satu pilihannya.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *